Selamat Datang

Belajar Pengendalian Hayati merupakan blog baru untuk mendukung pembelajaran blended learning mata kuliah Pengendalian Hayati bagi mahasiswa Faperta Undana. Blog sedang dalam pembuatan sehingga belum dapat menyediakan layanan secara penuh. Silahkan berkunjung kembali untuk memperoleh informasi mengenai fitur layanan dukungan pembelajaran yang diberikan melalui blog ini. Mohon berkenan menyampaikan komentar dengan mengklik tautan Post a Comment di bawah setiap tulisan.

Pertanyaan Ujian Tengah Semester Ganjil TA 2024/2025

Pertanyaan Ujian Teori
Sebelum menjawab pertanyaan ujian teori berikut ini, Anda diasumsikan sudah pernah membaca halaman IT dan AI untuk Penelitian dan halaman Kasus Ujian

Silahkan jawab Pertanyaan 1 sampai Pertanyaan 5 berdasarkan pada KASUS 1 dan Pertanyaan 6 sampai Pertanyaan 10 berdasarkan KASUS 2.
  1. Setelah membaca KASUS 1, silahkan tanyakan kepada ChatGPT (juga bisa Google Gemini atau Microsoft Copilot) untuk menentukan dari mana asal kutu loncat jeruk asia, tawon parasitoid nimfa Tamarixia radiata (Waterston, 1922), dan tawon parasitois telur Diaphorencyrtus aligarhensis (Shafee, Alam & Agarwal, 1975). Silahkan pilih layanan AI yang Anda gunakan, ketik prompt yang Anda gunakan untuk menanyakan asal kutu loncat jeruk asia dan kedua parasitod disertai dengan pustaka untuk dirujuk, dan salin jawaban yang Anda peroleh.
  2. Berdasarkan asal kutu jeruk asia dan asal kedua jenis serangga parasitodi tersebut sebagaimana Anda peroleh dengan melakukan chat dengan AI pada Pertanyaan 2, jelaskan secara rinci mengenai strategi pengendalian hayati (baca materi kuliah 2.3) yang digunakan ketika pemerintah AS mengendalian kutu loncat jeruk asia dengan menggunakan kedua parasitoid tersebut.
  3. Lakukan kembali chat dengan salah satu dari layanan AI pada Pertanyaan 1 untuk menanyakan pengendalian hayati kutu loncat jeruk asia di Indonesia menggunakan kedua parasitiod sebagaimana yang dilakukan di Amerika Serikat. Berdasarkan jawaban yang Anda peroleh, tentukan apakah Anda akan melakukan penelitian dengan menggunakan parasitoid nimfa Tamarixia radiata (Waterston, 1922) atau menggunakan tawon parasitois telur Diaphorencyrtus aligarhensis (Shafee, Alam & Agarwal, 1975) untuk mengendalikan kutu loncat jeruk asia pada jeruk keprok soe di Kabupaten TTS, disertai dengan alasan mengapa Anda memilih salah satu di antara keduanya berdasarkan pada asal keduanya.
  4. Ketika Anda melakukan penelitian mengenai musuh alami kutu loncat jeruk asia pada jeruk keprok soe di Kabupaten TTS dengan memilih salah satu di antara kedua jenis tawon parasitoid, fase apa dari kutu loncat jeruk asia yang Anda perlu amati, pada bagian apa dari tanaman jeruk Anda perlu mengamatinya, dan apa yang perlu Anda hitung untuk menentukan eketivitas parasitoid dalam memparasit kutu loncat jeruk asia.
  5. Setelah Anda menemukan jenis tawon parasitoid yang mempakasit kutu loncat jeruk asia pada tanaman jeruk keprok soe di Kabupaten TTS, strategi pengendalian hayati (baca materi kuliah 2.3) mana yang Anda rekomendasikan kepada pemerintah kabupaten tersebut dalam mengendalikan kutu loncat jeruk asia secara hayati dan apa alasan Anda merekomendasikan strategi tersebut berdasarkan pada asal tawon parasitoid?
  6. Setelah membaca KASUS 2, silahkan pilih salah satu agen pengendalian hayati dari Kasus 2 yang menarik untuk Anda teliti dan kemudian gunakan ChatGPTGoogle Gemini, atau Microsoft Copilot untuk memperoleh informasi mengenai penggunaannya sebagai agen pengendali hayati di Indonesia disertai dengan pustaka yang bisa Anda rujuk.
  7. Setelah memperoleh informasi mengenai agen pengendali hayati yang Anda pilih pada Pertanyaan 6, jelaskan mengapa Anda memilih agen pengendali hayati yang bersangkutan dengan mempertimbangkan arti penting tanaman yang dirusak oleh OPT, arti penting OPT dalam menimbulkan kerusakan, dan efektivitas agen pengendali hayati yang Anda pilih.
  8. Selanjutnya silahkan cari pustaka mengenai agen pengendali hayati yang Anda pilih dengan mengetikkan prompt: "Tolong carikan tiga referensi terbaru mengenai penggunaan X untuk mengendalikan Y di Indonesia" pada layanan pencarian pustaka Consensus AI, ganti X dengan nama agen pengendali hayati yang Anda pilih dan Y dengan nama jenis OPT yang dikendalikan. Ketik judul satu artikel hasil pencarian yang Anda lakukan disertai dengan uraian singkat mengenai isi artikel yang Anda peroleh. Bagaimana perbedaan hasil yang Anda peroleh dibandingkan dengan menggunakan pencarian pustaka menggunakan Google Scholar?
  9. Berdasarkan pada jenis agen hayati yang Anda pilih pada jawaban Pertanyaan 6 dan pustaka yang telah Anda peroleh pada jawaban Pertanyaan 8, silahkan gunakan AI (ChatGPTGoogle Gemini, atau Microsoft Copilot) untuk membantu menentukan tiga topik penelitian mengenai agen pengendali hayati yang Anda pilih dengan menyertakan minimal tiga pustaka paling relevan dan terbaru. Silahkan sertakan nama jenis agen pengendalian hayati dan judul ketiga pustaka yang Anda peroleh dari Pertanyaan 8 ketika mengetikkan prompt. Dari ketiga topik yang Anda peroleh, silahkan pilih salah satu topik disertai dengan alasan Andna memilih topik tersebut.
  10. Setelah memperoleh topik penelitian pengendalian hayati yang Anda lakukan, silahkan gunakan AI (ChatGPTGoogle Gemini, atau Microsoft Copilot) untuk membuat tiga judul penelitian yang akan Anda lakukan di salah satu kecamatan di kabupaten dari mana Anda berhasal. Silahkan sertakan topik yang Anda pilih dari jawaban Pertanyaan 8 ketika mengetikkan prompt. Kemudian pilih salah satu judul yang diberikan oleh AI disertai alasan Anda memilih judul tersebut.
Pertanyaan Ujian Projek
Silahkan jawab Pertanyaan 1 sampai Pertanyaan 5 berdasarkan pada projek yang sudah Anda kerjakan dan masukkan laporannya.
  1. Sebutkan nomor kelompok, nama setiap mahasiswa dalam kelompok kelompok, dan nama desa di mana kelompok Anda melakukan pengamatan.
  2. Masukkan koordinat geografik LS dan BT lokasi kelompok Anda melakukan pengamatan dalam format derajat desimal.
  3. Unduh file tabulasi data dengan mengklik File>Download>Microsoft Excel, ganti nama file dengan mengubah bagian _namamahasiswa dengan nama masing-masing, lalu kerjakan HANYA SHEET yang sesuai dengan kelompok dan kemudian buat kurva berdasarkan pada data dari sheet yang dikerjakan. Unggah file yang sudah dikerjakan untuk menjawab pertanyaan ini.
  4. Berdasarkan pada data hasil pengamatan yang filenya telah Anda masukkan, uraiakan secara singkat pembahasan dan kesimpulan mengenai pengendalian hayati Chromolaena odorata menggunakan lalat puru Cecidochares connexa sesuai dengan data yang Anda peroleh.
  5. Jelaskan secara singkat manfaat yang Anda peroleh dari mengerjakan projek kuliah dalam kaitan dengan jika nanti Anda akan melakukan penelitian mengenai pengendalian hayati.